CARA KERJA HIPNOTERAPI SEBAGAI TERAPI HIPNOTIS



Bagaimana Cara Kerja Hipnoterapi?


Hipnoterapi adalah suatu teknik psikoterapi yang menggunakan hipnotis dalam penerapanya. Sedangkan hipnotis bisa diartikan sebagai ilmu untuk memberi sugesti atau perintah kepada pikiran bawah sadar baik secara verbal maupun non verbal. Orang yang ahli dalam menggunakan hipnotis untuk kepentingan terapi atau psychological clinist disebut sebagai "hypnotherapist".

FAKTA PERBEDAAN Hipnoterapi dan Stage Hypnosis!


Meskipun sama-sama menggunakan hipnotis sebagai sarananya, hipnoterapi sangat berbeda dengan stage hypnosis (hipnotis untuk pertunjukan atau permainan seperti yang Anda lihat di Televisi). Dalam stage hypnosis subyek dihipnotis untuk diberi perintah lucu yang sifatnya sementara, misalnya subyek diperintahkan tidak bisa bangun dari tempat duduk, lupa nama sendiri, halusinasi, melihat sesuatu yang sesungguhnya tidak ada dan semacamnya.
Sedangkan dalam hipnoterapi, tujuan klien adalah menyelesaikan masalah atau meningkatkan kemampuan diri, yang mana hasil dari hipnoterapi diharapkan bisa bertahan untuk selamanya. Maka dari itu teknik yang digunakan pun berbeda. Dalam hipnoterapi Anda tidak hanya duduk diam dan mendengarkan sugesti dari hypnotherapist. Ketika hipnoterapi berlangsung, pikiran Anda akan diajak berdiskusi untuk menyelesaikan masalah yang Anda hadapi. Hipnoterapi tidak sama dengan stage hypnosis yang sifatnya main perintah saja dan ahli hipnotis terlihat sok berkuasa. Dalam hipnoterapi, klien dan hypnotherapist bekerja sama untuk meraih tujuan.

Hipnoterapi yang kami lakukan bukan untuk supaya Anda melakukan sesuatu sesesuai keinginan hypnotherapist, melainkan agar Anda bisa mencapai keinginan Anda sendiri. Anda tidak akan dibuat tidak sadar atau tidak berdaya, melainkan Anda akan dibimbing supaya Anda bisa menyadari kekuatan diri Anda sendiri sehingga masalah yang Anda alami bisa Anda atasi sendiri dengan menggunakan kebijaksanaan dan kekuatan Pikiran Bawah Sadar Anda.

Tiga kriteria wajib bagi klien yang hendak mengikuti proses hipnoterapi adalah sebagai berikut;

1. Sudah memahami bahasa dan bisa diajak komunikasi dengan lancar.
2. Bersedia mengikuti hipnoterapi atas keinginan sendiri, bukan paksaan.
3. Bisa mengikuti instruksi atau arahan dari hypnotherapist.

Seseorang hanya bisa dihipnotis apabila orang tersebut cukup cerdas dalam mengikuti instruksi. Hipnosis tidak bisa diterapkan kepada orang gila, idiot, orang tuli, atau anak kecil yang belum bisa berkomunikasi dengan lancar. Semakin cerdas seseorang semakin mudah memasuki kondisi hipnosis.