PENYEMBUHAN HIPNOTERAPI INSOMNIA (SULIT TIDUR)


KLINIK HIPNOTERAPI SURABAYA

hipnoterapi untuk insomnia di surabaya

“Anda harus bangun setiap pagi dengan tekad bulat jika ingin tidur dengan rasa senang.”

George Lorimer


Seorang dewasa membutuhkan waktu istirahat setidaknya 8 jam sehari. 
Menurut berbagai hasil penelitian medis umumnya seseorang yang memiliki masalah tidur cenderung menjadi lebih cemas, tertekan, sensitif, kurang bahagia, lebih sering mengantuk atau secara mental lelah, memiliki lebih banyak kekhawatiran mengenai pekerjaan, soal keluarga dan masalah pribadi, dan bahkan pada banyak kasus penderita berpotensi besar kurang mempunyai rasa percaya diri dan harga diri dibanding kelompok  orang yang dapat tidur secara normal dan teratur.

Sebelum kita membahas masalah insomnia lebih jauh, ada baiknya kita mengerti bagaimana dan seperti apa tidur yang baik itu.


Tidur adalah keadaan tidak sadarkan diri, dimana persepsi dan reaksi individu terhadap lingkungan menurun/hilang.
Merupakan keadaan tidak sadar yang dialami seseorang, dapat dibangunkan kembali dengan rangsangan yang cukup 

( Guyton 1981; 679 )

  • Tidur adalah status perubahan kesadaran ketika persepsi dan reaksi individu terhadap lingkungan menurun 
  • Tidur dikarakteristikkan dengan aktifitas fisik yang minimal,tingkat kesadaran yang bervariasi,perubahan proses fsiologis tubuh,dan penurunan respons terhadap stimulus eksternal
  • Hampir sepertiga dari waktu kita,kita gunakan untuk tidur 
  • Hal tersebut didasarkan pada keyakinan bahwa tidur dapat memulihkan atau mengistirahatkan fisik setelah seharian beraktivitas,mengurangi stress dan kecemasan,serta dapat meningkatkan kemampuan dan konsenterasi saat hendak melakukan aktivitas sehari-hari.
Orang Dapat Tidur Dengan Baik Jika semua faktor dibawah ini terpenuhi;

  1. Merasa segala sesuatu dibawah kesadaran 
  2. Menerima keadaan 
  3. Mengerti apa yang terjadi 
  4. Bebas dari hal-hal yang tidak menyenangkan 
  5. Puas dengan aktivitas yang dilakukannya 
  6. Mengetahui akan mendapat pertolongan bila dibutuhkan

Seorang pengidap penyakit insomnia biasanya sulit tertidur pada waktu malam, tapi ia bangun terlalu awal di pagi hari. Ia sering terbangun di antara tidurnya di malam hari. Seorang yang menderita insomnia juga seringkali merasa tidak segar saat ia bangun dari tidurnya, ia juga tidak bisa tidur walaupun tubuhnya sudah capek dan juga sulit berkonsentrasi.

Insomnia Kronis dan Insomnia Sementara

Insomnia dapat hinggap pada siapa saja. Kejadian-kejadian yang menyebabkan stress dan trauma pada seseorang yang dibiarkan akan menimbulkan gangguan jiwa ringan sampai berat yang akhirnya seringkali menyebabkan penyakit insomnia sekunder.

Selain faktor depresi atau psikologis tersebut, bisa juga karena pengaruh minuman keras atau minuman yang banyak mengandung kafein, penyakit, pengaruh penggunaan obat tidur atau obat penenang dalam jangka lama.

Penyakit insomnia juga dapat terjadi pada mereka yang biasa bekerja di depan komputer dalam sehari, wanita yang sedang dalam masa menstruasi, mereka para wanita yang sudah menopause.

Insomnia sendiri dibagi dalam 3 jenis insomnia, yakni :

1. Insomnia sementara
Pada penyakit insomnia sementara, gangguan tidur hanya beberapa malam saja, paling lama sekitar 3-4 minggu.

2. Insomnia jangka pendek
Penyakit insomnia jangka pendek biasanya disebabkan oleh stress mendadal (dari pekerjaan, sekolah ataupun masalah keluarga).

3. Insomnia kronis
Penyakit insomnia kronis merupakan keadaan insomnia yang cukup parah dan akan berakhir sampai beberapa minggu, bahkan bisa berbulan-bulan atau bertahun-tahun.

Umumnya penderita termasuk dalam salah satu kelompok dibawah ini :

  • Kesulitan tidur saat pergi tidur
  • Tidur sedikit sekali atau tidak nyenyak, sering terbangun dan melek selama berjam-jam di tengah malam
  • Terbangun pagi-pagi sekali dan tidak dapat tidur lagi

Hipnoterapi Sebagai Solusi Mengatasi dan Mengobati Susah Tidur

Penyakit insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk itu. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun.

Insomnia bukan suatu penyakit, tetapi merupakan suatu gejala yang memiliki berbagai penyebab, seperti kelainan emosional, penyakit tertentu, kelainan fisik dan pemakaian obat-obatan.

Hipnoterapi mengajarkan seseorang banyak hal tentang kebiasaan tidur yang baik dan hal-hal yang berbeda yang memiliki efek negatif, seperti makan sebelum tidur, minum alkohol, dan merokok.

Selama hipnoterapi, seseorang dilatih untuk mengingat kebiasaan positif yang dapat meningkatkan kualitas tidurnya. Menghindari obat tidur juga penting, agar Anda tidak kehilangan kemampuan alami untuk tidur dengan tenang dan nyaman. Hipnoterapi mengajarkan Anda hal-hal positif yang perlu Anda lakukan untuk mengembalikan kenyamanan tidur Anda tanpa menggunakan bantuan obat tidur.